Translate

Sunday 4 January 2015

MENGIKUTI TELADAN TIGA ORANG MAJUS

Hari Raya Penampakan Tuhan
Minggu 4 January 2015, ks Mat 2 : 1 - 12

Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.
Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia."
Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.

Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia.  Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Injil hari ini menceritakan dua sosok yang berbeda dalam menyambut kelahiran Kristus, yang pertama adalah sosok Herodes yang penuh kecemasan, kekuatiran, ketakutan karena merasa dirinya tersaingi akan adanya kuasa dan kebesaran lain yang melebihi dia.

Sosok yang kedua mewakili para majus yang dengan begitu suka cita ketika mendengar akan kelahiran Yesus Kritus, mereka datang menemuiNya dari tempat jauh dengan pertolongan bintang untuk menyembah dan mempersembahkan apa yang mereka miliki.

Kedua sosok ini mewakili diri kita masing - masing, di dalam diri kita ada sisi Herodes dan sisi orang Majus.
Sisi yang jahat, penuh kecemasan,kekuatiran, ketakutan, iri, dengki dan sebagainya, sedangkan sisi lainnya adalah sisi yang baik, penuh suka cita setia kepada Tuhan,rendah hati, peduli kepada sesama.

Tuhan Yesus yang lahir membawa cinta kasih, kedamaian serta keselamatan bagi manusia menghendaki kita semua menjadi seperti diriNya. Namun Tuhan memberikan kita anak - anakNya kebebasan untuk memilih dalam menjalani hidup ini, terlepas dari pilihan mana yang kita ambil Tuhan sebagai Bapa kasihNya akan tetap menyertai kita sepanjang jalan hidup ini.

Bila di tahun yang lalu kita telah menjatuhkan pilihan hidup yang salah, menjalani kehidupan kita seperti Herodes, memasuki tahun yang baru ini hendaknya kita belajar membuka hati kita untuk menjalani kehidupan bercermin dari sosok orang - orang majus yang mau mencari, mengikuti, menemukan,menyembah dan mempersembahkan hidup bagi Dia pemberi hidup kita sehingga kepribadian Tuhan sungguh nampak pada sikap dan kepribadian kita.

Pada hari ini selain merayakan hari penampakan Tuhan kita juga merayakan Hari Anak Missioner sedunia, kita semua adalah utusan Tuhan untuk menjadi pembawa kabar suka citaNya, marilah kita masing - masing mengambil tugas perutusan ini. Semoga

Ya Tuhan dalam kerendahan hati kami datang kepada Mu untuk mempersembahkan diri kami agar Engkau pakai menjadi pembawa kabar suka citaMu mampukan kami semua untuk melaksanakan tugas pewartaan ini dari sekarang sampai selamanya. Amin

No comments:

Post a Comment